Apa Itu Changer? Simak Penjelasannya Berikut Di Sini. Lengkap Beserta Jenis

Bisnis

apa itu influencer

Influencer marketing sekarang bisa dibilang menjadi saingan celebrity marketing. Dari dulu, brand menggunakan artis untuk mempromosikan brand mereka. Ketika seorang influencermengunggah konten promosi kita, maka para pengikutnya akan melihat dan mempertimbangkan bahwa konten yang diunggah merupakan pilihan yang menarik untuk dibeli. Tak butuh lama untuk menunggu feedback setelah kita melakukan promosi lewat influencer.

apa itu influencer

Namun, hanya brand besar yang boleh mendekati mega-influencer untuk influencer marketing. Di hampir setiap kasus, mega-influencer akan memiliki agen yang bekerja atas nama mereka untuk membuat kesepakatan marketing. Jika Anda ingin memilih influencer untuk memasarkan produk, maka pilihlah influencer yang memiliki attitude baik.

Kebanyakan influencer memiliki reach dan engagement yang tinggi sehingga brand Anda bisa dilihat banyak orang melalui akun mereka. Menggunakan influencer bisa menjadi salah satu cara untuk mengiklankan produk Anda menggunakan cara yang lebih authentic. Influencer mengenal followers mereka dan mereka tahu cara terbaik untuk menjangkau audience dan bagaimana cara paling tepat untuk menyampaikan bagaimana produk dan jasa Anda bisa menolong mereka. Berdasarkan survey yang dilakukan Bloglovin’, 63% marketer meningkatkan budget influencer marketing mereka di tahun 2017. Ini berarti, sudah banyak bisnis yang menggunakan influencer marketing dan merasakan keuntungannya. Jadi, tidak ada salahnya untuk bisnis Anda memulai mempertimbangkan influencer marketing sebagai salah satu channel marketing Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, setidaknya bisa meminimalisir kesalahan dalam memilih dan membuat promosi jadi tidak efektif. Para influencer akan membuat konten promosi dan menyebarkannya di media sosial miliknya. Anda bisa menyimak artikel berikut ini untuk mengetahui tentang apa itu influencer, konsep influencer marketing dan cara mencari influencer yang tepat untuk mempromosikan produk Anda. Strategi pemasaran menggunakan jasa influencer cukup populer di era digital ini. Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, algoritma Facebook dan algoritma Instagram sekarang lebih mengutamakan postingan dari akun-akun yang banyak berinteraksi dengan Anda.

Biasanya, brand besar lebih berhati-hati dalam memilih influencer untuk memasarkan produknya loh! Jangan sampai Anda memilih influencer yang banyak melakukan tindakan kontroversial karena akan menyebabkan image produk Anda menjadi buruk. Bagi Anda yang memiliki bisnis online dan ingin memilih influencer untuk endorse produk, maka bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Setidaknya ada 8 hal yang perlu dilakukan saat Anda ingin mencari influencer untuk mempromosikan produk milik Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, influencer memiliki hubungan yang dekat dengan followernya. Selain itu follower mereka juga biasa menyukai dan tertarik dengan hal yang sama dengan influencernya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang keuntungan menggunakan influencer marketing. Dengan semakin berkembangnya internet, siapa saja bisa membangun reputasi sebagai influencer. Biasanya, seorang influencer membangun reputasi dengan menjadi seorang expert di niche tertentu. Awalnya, influencer biasa memulai dengan membuat sebuah blog yang membahas topik tertentu. Selain itu, mereka juga membuat channel YouTube dimana mereka akan membuat video yang juga membahas topik tertentu.

Tidak hanya dua media itu, mereka juga memanfaatkan social media seperti Facebook dan Instagram untuk berkomunikasi dengan followers mereka. Konten yang mereka bagikan, baik di blog, YouTube, maupun social media, biasa berkisar pada konten opini, idea, tips, dan nasihat berhubungan dengan subjek mereka.

Sehingga Anda dapat memilih seorang influencer sesuai dengan budget yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang cukup besar ketika Anda ingin mempromosoikan produk bisnis Anda. Dan dengan banyaknya orang yang mengenal produk Anda, maka akan mempermudah Anda untuk mencapai lebih banyak calon klien. Strategi influencer ini yang justru menjadi cara yang efektif dalam mendapatkan hasil yang maksimal.